GAMBARAN UMUM

Desa Wiru berada di Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang berada 45 km dari Ibukota Kabupaten Semarang. Luas wilayah Desa Wiru yaitu 414,102 ha. Desa Wiru adalah satu dari 16 desa yang ada di Kecamatan Bringin. Terdiri dari enam dusun, yaitu Dusun Krajan, Dusun Mojo, Dusun Ngelo, Dusun Pelem, Dusun Jrebeng, dan Dusun Kedung Laran.

Desa Wiru merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang. Secara administratif, sebelah utara berbatasan Desa Gogodalem, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Wonokerto, sebelah timur berbatasan dengan Desa Nyemoh, dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Gogodalem. Luas wilayah Desa Wiru 414,102 ha.

Desa Wiru terdiri dari enam dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Mojo, Dusun Ngelo, Dusun Pelem, Dusun Jrebeng, dan Dusun Kedung Laran. Jenis mata pencaharian masyarakat Wiru yakni bekerja sebagai petani, peternak, pedagang, PNS, dan bekerja sebagai buruh. Desa Wiru dipimpin oleh Bapak Khafid dibantu oleh sekretaris desa Bapak Roni Yudianto dan jajarannya kemudian KASI Pemerintahan Bapak Tri Wahyu, KASI Kesra Bapak Koiri, dan KASI Pelayanan Bapak Ismail Muh. Mongin kemudian terdapat Kepala Dusun yaitu Bapak Yudiono sebagai kepala Dusun Krajan, Bapak Sukris sebagai Kepala Dusun Mojo, Bapak Narto Kepala Dusun Ngelo, Bapak Misri Kepala Dusun Pelem, Bapak A.S Zuhri Kepala Dusun Jrebeng, dan Bapak A. Rodhi sebagai Kepala Dusun Kedung Laran. Tugas pokok Desa Wiru adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.